Unduh PPt fromSlide Share PLS Bersinergi

Selasa, 15 Juli 2014

Evaluasi pemberdayaan masyarakat halaman 9



Evaluasi halaman 9


 
1.       Menurut  saya pembangunan berkelanjutan adalah suatu konsep yang menekankdan keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan masa sekarang dalam hal kepentingan ekonomi dengan pelestarian lingkungan sehingga tidak akan mengganggu atau bahkan mengorbankan kebutuhan genarasi yang akan datang.
2.       Perbedaan mendasar antara Human Development dan paradigma pemberdayaan masyarakat dan persamaannya ditinjau dari segi philosopi dan tujuannya.
Konsep pemberdayaan masyarakat mencangkup pengertian pembangunan masyarakat dan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat. Sedangkan human development merupakan pembangunann manusia yang memprioritaskan pembangunan sosial dan lingkunan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan strategi suistainable development. Pendekatan tersebut menempatkan manusia sebagai faktor kunci yang memerankan dalam segala segi. Persamaan dari keduanya adalah bahwasanya kedua paradigma tersebut bertujuan untuk menciptakan kondisi msyarakat yang mandiri.
3.       Kelemahan model-model pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Indonesia.
Baik model community development, partisipasi masyarakat maupun model desentralisasi, ketiga memiliki kekurangan. Ketika model partisipasi masyarakat diterapkan pada masyarakat Indonesia, ada kecenderungan masyarakat untuk datang karena diiming-imingi uang. Dan bukan berdasarkan motivasi pribadi, hal ini membuat model partisipasi gagal. Kenyataanya mereka ini hanyalah partisipasi semu. Dan ketika model desentralisasi coba diterapkan, nyatanya masih tetap ada sentralisasi. Pemerintah sebagai sentral dalam segala hal mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Kegagalan demi kegagalan tersebut karena terbentur dominasi orang kaya yang disebabkan oleh penguasaan sumber daya, pengaruh politik yang dimiliki orang kaya.

0 komentar:

Posting Komentar