Unduh PPt fromSlide Share PLS Bersinergi

Selasa, 15 Juli 2014

Pemberdayaan Masyarakat Soal Halaman 30



Latihan halaman 30

1.       Deskripsikan tahap-tahap model pemberdayaan masyarakat yang ideal menurut Sumodiningrat (1989) dan disertai contohnya.
2.       Jelaskan perubahan sikap yang bagaimana yang menjamin adanya perubahan sikap sehingga perubahan masyarakat dapat brhasil.
Jawab
1.       Tahap-tahap yang harus dilalui dalam rangka pemberdayaan masyarakat adalah
a.       Tahap penyadaran dan pembentukan prilaku menuju perilaku sadar dan peduli sehingga merasa membutuhkan peningkatan kapasitas diri.
b.      Tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan kecakapan keterampilan agar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan dasar sehingga dapat mengambil peran di dalam pembangunan
c.       Tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan keterampilan sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan pada kemandirian.
Contoh
Misalnya kita akan mengadakan program pelatihan membuat kerupuk tengiri. Terlebih dahulu kita harus menyadarkan pada warga belajar betapa pentingnya keterampulan ini. Melihat bahwa adanya daya dukung di lingkungan sekitar. Seperti ikan tengiri yang melimpah. Menyadarkan warga belajar bahwa mereka butuh keterampilan ini untuk meningkatkan taraf kehidupan mereka. setelah mereka sadar mereka akan masuk dalam tahap transformasi, masa transisi dari yang dahulunya tidak terampil menjadi terampil. Akhirnya kemampuan intelektual, pengerahuan dan kecakapan mereka akan meningkat yang akan mengantarkan pada kemandirian mereka.
2.       Tingka laku dapat dipengaruhi oleh kedewasaan sikap masyarakat. Apabila kedewasaan masyarakat telah terbentuk dan tertanamkan pada masyarakat maka tidak perlu lagi dipaksa atau didorong untuk melakukan sesuatu. Perubahan tingkah laku yang mencerminkan kematangan sikap dapat dilihat dalam tabel berikut ;
Kurang Dewasa
Dewasa
Pasif
aktif
Bergantung
Tidak bergantung
Sedikit alternatif tindakan
Banyak alternatif
Minat yang dangkal
Minat yang dalam
Berpikir jangka pendek
Berpikir jangka panjang
Menempatkan diri sebagai bawahan
Menempatkan diri sama atau menjadi atasan
Jarang memiliki kehati-hatian atas dirinya sendiri
Hati-hati dalam mengendalikan diri sendiri

1 komentar:

  1. contoh soal yang baik karena disertai contoh nyata suatu pemberdayaan di masyarakat

    BalasHapus