Unduh PPt fromSlide Share PLS Bersinergi

Sabtu, 15 Desember 2012

SYAHADATAIN


SYAHADATAIN

A.      Pengertian Syahadat
Syahadat adalah rukun pertama dari lima rukun Islam seperti shalat, zakat, puasa dan ibadah haji. Namun yang perlu kita ketahui dan pahami adalah bahwa pada dasarnya kelima rukun Islam tersebut merupakan dasar praktis dan teoritis dari realitas Islam dan syahadatain menjadi dasar utama bagi semua rukun Islam tersebut.
B.  Arti Kata Syahadat
Kata “Asyhadu” mempunyai arti “ saya bersaksi “ kata ini merupaka suatu bentuk persaksian (syahadat) seorang muslim yang harus mewujudkan dalam kehidupannya sehari-hari secara bahasa syahadat  mempunyai arti pernyataan, janji dan sumpah.
C.  Fungsi Syahadat
Syahadat sebagai pernyataan
Ketika seseorang mengucapkan syahadat pada hakikatnya ia seorang mengumumkan atau memproklamirkan dirinya sebagai pribadi yang terbebas dari semua ikatan kecuali ikatan dengan Allah SWT.
Syahadat sebagai Janji
Janji adalah hutang yang harus dibayar lunas tuntas tanpa bekas, karena kehidupan seorang muslim sepenuhnya berada dalam aturan Allah SWT. Sebagai realisasi untuk membayar janjinya, janji untuk menjadikan Allah sebagai Rob dengan segala hak-Nya. Hak untuk ditaatti dipatuhi, dicintai dan diperhatikan setiap kehendak dan kemauannya.

Syahadat sebagai sumpah
Sumpah lebih berat dari sekedar pernyatan dan janji. Karena disamping konsekuensi yang akan dihadapi disadari sepenuhnya, orang bersangkutan telah memilih sendiri konsekuensi tertentu yang konkrit sehingga tidak dapat lagi menghindar.Secara istilah (terminology,  Asyahadu berarti penyataan, janji dan sumpah ummat yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dengan :
     1.       Membenarkan di dalam hati.
     2.       Dinyatakan secara lisan
     3.       Dibuktikan dengan perbuatan
D.  Makna Syahadatain
Syahadat tauhid adalah persaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Syahadat risalah adalah persaksian bahwa Muhammad bin Abdullah adalah nabi utusan Allah.
Makna Syahadat yang Pertama
Dengan membaca Laillahaillallah, berarti kita mengakui Allah satu-satunya Rabb, Ilah dan Malik
1. Allah Sebagai Rabb
Kita mengakui bahwa Allahlah satu-satunya yang mempunyai kekuasan mencipta, mengatur dan memelihara serta menguasai kita dan seluruh alam semesta beserta isinya.
2. Allah Sebagai Ilah
Mengakui Allah sebagai satu-satunya Ilah artinya tiada tuhan yang sesungguhnya kecuali dia tiada yang kita ibadahi, kita cintai, kita agungkan, kita rindukan kecuali Allah hanya ridhonya yang kita harapkan.


3. Allah sebagai Malik
Mengakui Allah sebagi satu-satunya Malik, berarti kita mengakui bahwa hanya Allah yang berhak membuat aturan dan undang-undang. Hanya Allah yang patut ditaati dan ditakuti. Tidak ada yang berhak berkuasa dan memerintah kecuali atas ijin-Nya kekuasanya meliputi seluruh aspek kehidupan kita . tidak ada satu jengkal tanah pun di bumi ini yang luput dari kekuasaan-Nya.
Makna Syahadat yang Kedua
Setetelah Laillahaillallah, kita mengucap muhamadurrasulullah, yang berarti kita menerima Nabi Muhammad SAW, sebagai Rasul yang menyampaikan risalah kepada kita.                        Allah telah menunjuk Muhammad SAW sebagai utusannya untuk menerangkan masalah-masalah ini dan mengirimkan kitabnya dengan perantaraanya.Jadi ketika membaca Muhammad Rasulullah berarti pada saat itu kita telah menyatakan kesediaan kita untuk mengikuti aturan dan pola hidup yang dicontohkannya dan menolak aturan pola hidup yang bertentangan dengannya.
E.  Urgensi Syahadatain
Merupakan rukun islam pertama yang mendasari rukun-rukun islam lainnya.
Urgensinya;
1.      Syahadatin adalah pintu gerbang islam
Dengan mengucap syahadatain, seseorang itu  dianggap telah masuk islam dan memilki hak dan kewajiban yang sama dengan muslim yang lain, aman dan damai dalam naungan islam.
2.      Syahadatain merupakan intisari ajaran islam
Islam terdiri atas akidah dan syariat. Inti ibadah adalah menyembah kepada Allah, melakukan perintahnya dan menjauhi laranganNya, dijalankan dengan ikhlas tanpa kemusrikan, dengan segala kerendahan hati, mengakui keagunganNya, dan bebas dari kesombongan.
3.      Syahadatain merupakan asas perubahan
Dengan syahadatai terjadilah perubahan yang sangat besar dan mendasar dalam seluruh aspek kehidupan generasi terbaik, bangsa arab yang dulunya adalah bangsa yang kecil, terisolasidan terbelakang itu mampu menjadi bangsa yang terbaik yang pernah dilahirkan untuk seluruh bangsa.
4.      Syahadatain adalah inti dakwah para rosul
Syahadatin dengan konsepsi semacam itulah yang didakwahkan oleh para nabi dan rosul dari yang pertama hingga yang terakhir. Mereka semua mengatakan “Sembahlah Allah dan ikuti aku”
F.      DAMPAK SYAHADATAIN
Persaksian Lailahaillallah Muhammadarrasulullah jika dipahami secara benar akan memberikan dampak positif bagi setiap muslim, yang antara lain dapat diukur dari dua sikap yang lahir darinya, yakni cinta (mahabbah) dan ridha.Setiap muslim hendaknya ridha Allah sebagai Rabbnya, Islam agamanya dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul yang diikutinya.           Sebagai dampak dari syahadatain adalah hal pokok yang ada dalam diri manusia yakni hati, akal, dan jasad akan mendapatkan sibghah Allah hingga utuh
G.    Hikmah dibalik syahadatain
1.      Meningkatkan iman dan taqwa
2.      Meningkatkan kualitas diri
3.      Beribadah dengan penuh keikhlasan
4.      Istiqomah
5.      Menjadikan muslim dan muslimah yang kaffah
6.      Memperkuat aqidah kita
7.      Meneladani Rosullah karena akhlaq dan sifatnya yang sangat terpuji
8.      Menjadikan kita sebagai manusia yang lebih bertanggung jawab
9.      Akan mendapati kemuliaan didunia dan di akhirat
10.  Menjadikan kita lebih baik daripada sebelumnya

pengen lihat jadwal UAS MKU klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar