Unduh PPt fromSlide Share PLS Bersinergi

Senin, 17 Maret 2014

Membuat contoh penalaran induktif deduktif


1   Membuat contoh penalaran induktif deduktif  
       Induktif

a.       Generalisasi
Tibalah saatnya yudisium, ibarat waktu SMK dulu saat semacam ini biasa disebut penerimaan raport siswa. Konsepnya sama, yang membedakan adalah nilai hasil belajar dapat dilihat secara online melalui sistem akademik terpadu atau biasa disingkat Sikadu. Ternyata dari 73 mahasiswa prodi pendidikan luar sekolah 25% mendapat IP 3,51-4,00, 70% mendapatkan IP 3,1-3,5, sedangkan 5% mendapat IP 2,51-3,00. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa rata-rata mahasiswa pendidikan luar sekolah memiliki IP yang memuaskan.
b.      Analogi
Kita tentu tidak asing dengan istilah Unit Kegiatan Mahasiswa yang menfasilitasi perkembangan diri mahasiswa di luar kegiatan perkuliahan. Terdapat berbagai macam jenis UKM yang ada di Unnes diantaranya adalah Bp2m (bidang tulis-menulis), rebana modern, koperasi mahasiswa, dll. Tidak berbeda konsepnya dengan UKM, di Pondok Durrotu Ahli Sunnah Waljamaah terdapat suatu Unit Kegiatan Pondok biasa disingkat UKP. Ada beberapa macam UKP di pondok, diantaranya adalah Adduroh (rebana modern), Satrul Qalam Aswaja (bidang tulis menulis), Lembaga Bahasa Asing, dan tilawah. Baik UKM maupun UKP memiliki fungsi yang sama yaitu menjadi wadah pengembangan diri pembelajar sesuai minat dan bakatnya, wadah pembelajar untuk berkontribusi, dan wadah pembelajar untuk belajar organisasi.
c.       Hubungan Kausal
Kenaikan bahan bakar minyak berdampak pada semua sektor. Tak terkecuali sektor usaha photo copy. Berdasarkan kesepatakan paguyuban pengusaha photo copy banaran-sekaran sepakat untuk menaikkan harga, photo copy A4-70ml print laser yang dulunya seharga Rp.100 kini menjadi Rp.120. Kenaikkan ini dipicu oleh harga sparepart, kertas, dan tinta yang juga ikut naik. Kenaikan bahan-bahan ini tak lain karena biaya trasnportasi meningkat sebab harga BBM juga meningkat.
2.       Deduktif
a.       Silogisme
Premis mayor            : Semua penghuni kamar Al Latif adalah penghafal Al Quran
Premis minor             : Lizna adalah penghuni kamar Al Latif

Simpulan                     : Jadi, Lizna adalah penghafal Al Quran 

0 komentar:

Posting Komentar