A.
PENGERTIAN
EKONOMI PENDIDIKAN
Menurut Prof
Samuelson (1961), Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana
manusia dan masyarakat memilih menggunakan uang atau tidak, untuk memanfaatkan
sumber daya produktif yang langka guna menghasilkan bermacam komoditas dari
waktu ke waktu. Dan mendistribusikannya
untuk konsumsi waktu sekarang dan kemudian hari diantara bermacam-macam orang
dan kelompok dalam masyarakat. Intinya ekonomi adalah ilmu produksi dan
distribusi seluruh sumber daya yang langka baik benda fisik maupun jasa yang
setiap individu membutuhkannya.
Menurut Webster’s
New World Dictionary (1962), pendidikan adalah proses pelatihan dan
pengembangan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, karakter dll khususnya
melalui pendidikan formal. Aktifitas
pendidikan meliputi produksi dan distribusi pengetahuan baik yang dihasilkan
dalam institusi pembelajaran umum ataupun institusi lainnya. Karena mayoritas
aktifitas tersebut berasal dari istitusi pembelajaran sekolah dasar dan
menengah baik negeri maupun swasta serta perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Hal yang ditekankan dalam pembahasan ini adalah pendidikan formal, namun hal
itu dikarenakan bahwa kegiatan edukasi dibawah institusi lain seperti militer,
gereja, masyarakat dan kelompok dan persekutuan bisnis kurang begitu
dipedulikan.
Ekonomi
pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dan masyarakat
memilih menggunakan uang atau tidak untuk memanfaatkan sumber daya produktif
yang langka guna menghasilkan bermacam jenis pelatihan dan pengembangan
pengetahuan, keterampilan, daya pikir, karakter dll khususnya melalui
pendidikan formal_dan mendistribusikannya sekarang dan kemudian hari diantara
jenis orang dan kelompok masyarakat.
B.
DEMONSTRASI
BESAR NYA INDUSTRI PENDIDIKAN
a)
Pendidikan
sebagai sebuah industri.
Pendidikan merupakan industri raksasa di Amerika
Serikat, tentunya hal itu salah satu yang terbesar bukan satu-satunya yang
terbesar. Pada tahun 1975-1976 industri pendidikan memperkerjakan 3 juta guru,
melibatkan kurang lebih 60 juta murid di semua jenjang pendidikan formal, dan
biaya orang Amerika lebih dari 12% dari dari produk nasional bruto mereka
(GNP). Besar dan kecilnya komponen industri pendidikan digambarkan di bagian
ini dengan lebih detail. Total yang mendaftar di sekolah formal mencapai kurang
lebih 45 juta di tahun 1959-1960, meningkat lagi pada tahun 1975-1976 mencapai
59 juta. Seperti dapat dilihat pada tabel 1-1, akan tetapi tahun 1975-1976
pendaftaran di sekolah dasar dan menengah relatif menurun pada 1969-1970, hal
ini berhubungan dengan tingkat kelahiran yang menurun. Lebih jauh lagi
kemunduran pada pendaftaran K-12 diproyeksikan sampai 1983.
Tabel 1-1. Pendaftaran dari Institusi Pendidikan
Reguler, 1960-1980
|
|
|
|
|
Persen Changes
|
|
Jenis dan Pengawasan
|
1959-1960
|
1969-1970
|
1975-1976
|
1979-1980
|
59-60 hingga 69-70
|
69-70 hingga 79-80
|
K-12, Publik
|
36, 087
|
45, 909
|
44, 837
|
41, 924
|
27. 22 %
|
-0. 09
|
K-12, Privat
|
5,675
|
5,400
|
5, 300
|
5, 300
|
0.05
|
-0.02
|
IHEs, Publika
|
1,832
|
5, 800
|
7, 426
|
8, 545b
|
226.59
|
+47.33
|
IHEs, Privata
|
1, 384
|
2,120
|
2, 306
|
2, 417c
|
53.18
|
+14.01
|
Jumlah
|
44, 978
|
59,229
|
59,869
|
58,186
|
31.68
|
-0.02
|
Lulusan Sekolah Tinggi
|
1,864
|
2, 896
|
3, 135
|
3, 080
|
55.36
|
0.06
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber Grant dan Lind (1976). Tabel 1, 3 dan 59. Dan
Frangkel dan Horison (1977), tabel 1,4,5 dan 6.
a gelar
penghargaan
b perkiraan pengurangan 2,417 dari total proyeksi
gelar penghargaan pendaftaran IHE (10,962)
c perkiraan pelipat gandaan pada thaun 1975-1976
perkiraan pendaftaranoleh faktor kenaikan total proyeksi pendaftaran (termasuk
bukan pemilik gelar penghargaan) di privat IHEs.
(Frankel dan Horrison, 1977 tabel 4), pada waktu
yang sama pendaftaran di sekolah tinggi tetap meningkat, terutama di sektor
umum dan mencapai puncaknya sekitar tahun 1983 (Frankel dan Horrison 1977,
tabel 5)
Peringkat kelahiran mungkin saja
memberikan keuntungan dengan meningkatkan populasi pendaftaran. Seperti yang
terlihat pada tabel 1-2, dimana tidak cukup banyak yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan rating pendaftaran untuk usia 5-15 tahun. Di luar daripada itu,
amat menguntungkan bisa mengurangi dropout sekolah tinggi dan meningkatkan
lulusan yang memperbaiki rating.
b)
Industri
pendidikan adalah yang terbesar menarik pekerja. Dalam perkembangannya kurang
lebih 3 juta guru dan staff, hal ini di
laporkan pada tabel 1-3 untuk tahun 1973-1974. Banyak dari pekerja menempati
posisi non instruksi. Asosiasi pendidikan nasional memperkirakan sekitar 6 juta
pekerja bekerja pada industri pendidikan di tahun 1969-1970.Menarik untuk di
catat bahwa 24,2 % dari profesional dan pekerja teknik yang bekerja pada
Amerika Serikat adalah guru atau anggota
staff. Dan juga, guru yang sangat signifikan proporsinya di negara bagian dan
pemerintah daerah.
Tabel 1-2. Persen dari populasi pendaftar
sekolah umur 5-34 tahun, oleh umur-Amerika Serikat pemilihan tahunan, oktober
1947 hingga oktober 1974.
Tahun
|
Total umur 5-34
|
5 tahuna
|
6 tahuna
|
7-9 tahun
|
10-13 tahun
|
14-15 tahun
|
16-17 tahun
|
18-19 tahun
|
20-24 tahun
|
25-29 tahun
|
30-34 tahun
|
1947
|
42.3
|
53.4
|
96.2
|
98.4
|
98.6
|
91.6
|
67.6
|
24.3
|
10.2
|
3.0
|
1.0
|
1960
|
56.4
|
63.7
|
98.0
|
99.6
|
99.5
|
97.8
|
82.6
|
38.4
|
13.1
|
4.9
|
2.4
|
1970
|
58.9
|
77.7
|
98.4
|
99.3
|
99.2
|
98.1
|
90.0
|
47.7
|
21.5
|
7.5
|
4.2
|
1974
|
55.2
|
87.0
|
98.7
|
99.1
|
99.5
|
97.9
|
87.9
|
43.1
|
21.4
|
9.6
|
5.7
|
Sumber :
Grant dan Lind (1976), tabel 5.
a anak yang masuk pada taman kanak-kanak, tapi
keluar dan mendaftar di sekolah persiapan anak-anak (PAUD)
Tabel 1-3. Angka guru sekolah dasar, sekolah menengah dan anggota
staff instruksional di Higher Education (IHEs) Amerika Serikat pada tahun
1949-1950 hingga 1973-1974.
|
1949-1950
|
1959-1960
|
1969-1970
|
1973-1974
|
Dasar
|
665,665
|
953, 431
|
1,271,467
|
1,327.980
|
Menengah
|
366, 277
|
577, 160
|
970,786
|
1, 058.468
|
IHEs
|
190,353
|
281, 506
|
546,000a
|
600.000a
|
Semua Jenjang
|
1,222,295
|
1,812,097
|
2, 786, 253
|
2,986,448
|
Sumber : Grant dan Lind (1976) tabel 7
a perkiraaan
Pembiayaan
Total biaya oleh
sekolah reguler cukup mahal dengan modal
pengeluarannya. naik dari $ 24,8 juta di 1959-1960 menuju $ 108,4 di 1974-1975.
Laporan pengeluaran di tahun 1959-1960, 1969-1970, dan 1974-1975 dapat terlihat
dalam tabel 1-4. Itu penting bahwa pengeluaran meningkat lebih cepat daripada
pendaftaran dan pekerja staff. Mungkin saja penjelasan untuk naiknya biaya
pendidikan akan dijelaskan dalam bab berikutnya.
Pemasok pendidikan.
Total pembiayaan tidak menyediakan investasi di dalam pendidikan yang cukup
besar. Diakui sekarang bahwa elemen yang sangat penting dalam biaya pendidikan
itu biaya murid ketika masuk sekolah. Dalam perkembangannya, biaya pendidikan
oleh militer dan sekolah nonreguler lainnya dihitung dari total dana yang
masuk. Akhirnya, sebagai gantinya untuk pajak, buku dan keperluan lainnya,
serta penurunan dan penyewaan juga di
buat. Tabel 1-5 menyediakan ringkasan dari perhitungan untuk tahun 1950, 1960,
1970 dan 1975. Kolom kedua dala tabel berisi total biaya pendidikan yang hampir
dua kali lipat perkiraan dana pada tabel 1-4.
Perbandingan dengan
GNP. Raksasa investasi pendidikan menjadikan lebih nyata ketika dibandingkan
dengan total sumber produksi ekonomi berdasarkan pengukuran GNP. Untuk memfasilitasi perbandingan dengan kolom 2 pada tabel 1-5, digambarkan
oleh GNP dari Economic of the President (1977) dan terdapat beberapa prsangka
yang dibuat dalam memperkirakan investasi pendidikan.
C.
Isu
utama dalam ekonomi pendidikan
Mengingat
bahwa proses pendidikan melibatkan penggunaan sejumlah besar sumber daya yang
langka , sejumlah pertanyaan muncul untuk mencari jawaban dalam domain analisis
ekonomi . Harus ditekankan bahwa alat-alat ekonomi dapat digunakan untuk
membantu dalam hal-hal tersebut , kerjasama pendidik , sosiolog , psikolog ,
dan lainya diperlukan jika solusi yang memadai terkait pertanyaan-pertanyaan
yang dapat ditemukan .
Isu-isu yang akan menjadi perhatian kita dalam buku
ini sangat mudah dikelompokkan dalam lima kategori utama :
1
. Identifikasi dan pengukuran nilai ekonomi pendidikan ,
Tabel 1-6. penerimaan
pendapatan sekolah dasar dan SMP umum, oleh sumber Amerika, 1959-1960 sampai
1975-1976 (miliar dolar saat ini)
Tahun Sekolah
|
Jumlah
|
Daerah
|
Negara
|
Local
|
lokal sebagai prosentase dari total pendapatan
|
1959-1960
|
14.7
|
0.6
|
5.8
|
8.3
|
56.5
|
1969-1970
|
40.3
|
3.2
|
16.1
|
21.0
|
52.1
|
1973-1974
|
58.2
|
4.9
|
24.1
|
29.2
|
50.2
|
1975-1976
|
67.1
|
5.3
|
29.3
|
32.5
|
48.4
|
Sumber : grant
and lind (1977), tabel 69
Tabel 1-7. Pendapatan
dana saat ini lembaga pendidikan tinggi: Amerika 1974-1975 (miliar dolar saat
ini).
Tahun Sekolah
|
Jumlah
|
Daerah
|
Negara
|
Lokal
|
Biaya kuliah
|
Lainya
|
1959-1960
|
5.8
|
1.0
|
1.4
|
0.2
|
1.2
|
2.0
|
1969-1970
|
21.5
|
2.7
|
5.8
|
0.8
|
4.4
|
7.8
|
1972-1973
|
28.6
|
3.4
|
7.9
|
1.1
|
6.0
|
10.2
|
1974-1975
|
35.7
|
6.1
|
10.9
|
1.4
|
7.2
|
10.1
|
Sumber: Grant
and Lind (1976), tabel 118, Grant and Lind (1977), Tabel 123
2
. Alokasi sumber daya dalam pendidikan
3
. Gaji guru
4
. Pembiayaan pendidikan
5
. Perencanaan pendidikan
Penjelasan
singkat dari setiap masalah berikut
Nilai-nilai
ekonomi pendidikan . Baik individu dan masyarakat pada umumnya memiliki sebuah
penanggung jawab dalam investasi
pendidikan . Oleh karena itu diharapkan bahwa nilai investasi yang diberikan
dalam pendidikan baik kepada individu dan masyarakat dihitung. Ini melibatkan
estimasi biaya pendidikan dan bantuan pendidikan .
.
Deskripsisejarahupayatersebutdiberikandalambab2
.Diskusimanfaatdiberikandalambab3 ,diikutidengananalisisbiayadalambab 4 .
Teknikanalisisbiayamanfaatdibahasdalambab 5,
diikutiolehaplikasiuntukinvestasipendidikandalambab 6. Ukuranumum lain
manfaatpendidikanhubunganantarapendidikandanpertumbuhanekonomidijelaskandalambab
7.
Alokasisumberdaya
di bidangpendidikan. Proses pendidikan yang terlibatproduksi output
pendidikandari set input.
Teknikanalisissistemdapatdigunakanuntukmengevaluasifungsilembagapendidikanmemeriksakemungkinanefisiensiberkerut.
Juga, biayaberfungsiuntuksekolahumum,
dariituadalahmungkinuntukmenentukanadanyaskalaekonomi, dieksplorasidalambab 8.
Gaji
guru . tingkatdanpenentugaji guru
menjadiperhatiankhususbagihampirtigajutastafinstruksionalterkaitpendidikanlembaga
. dalambab 9 , perubahangajilembur , faktor-faktor yang mungkinmempengaruhigaji
guru danefekbanyakdiperdebatkanbargainningkolektifdidokumentasikan .
Keuanganpendidikan
. Siapa yang harusmembayaruntukpendidikan ? haruskahpemerintah yang
mendukungpendidikanpublikdanswasta ? jikademikian ,
pemerintahharusmengambilbagian yang mana ? danapabagiandari total biaya yang
harusditanggungolehpembayarpajak yang
bertentangandenganpenerimamanfaatlangsungdaripendidikan ? juga ,
jikasubsididibenarkan ,
merekaharusdiberikankepadalembagapendidikanatauindividudalambentuk voucher ?
inimerupakanmasalah lain yang dibahasdalambab 10 .
Perencanaanpendidikan.
Karenapendidikantidakbaiksecarapribadidantidakmengalamikekakuanpenuhpersainganpasar
, telahberpendapatbahwaadakebutuhanuntukmelembagakanrencanapendidikandalammenjaminpenggunaan
optimal darisumberdaya . Diskusitentangpemikiranuntukperencanaan ,
berbagaipendekatan-pendekatanperencanaan , danbeberapa model
perencanaanmakrodanmikrodiberikandalambab 11 .
thanks atas infonya
BalasHapusTerimakasih infonya, sangat bermanfaat, kebetulan saya sedang mencari makalah tentang ekonomi pendidikan.
BalasHapusSalam kenal, saya Alipah, silahkan kunjungi web site saya Biospray MSI
terimakasih sharing artikelnya. mohon ijin sharing
BalasHapusartikel menarik mengenai skor kredit. terimakasih.
Terimakasih sangat bermanfaat kebetulan saya mencari tentang materi ini
BalasHapus